MENU

Pulau Saobi, Kec. Kangayan, Kepulauan Kangean

Pulau Saobi, Kec. Kangayan, Kepulauan Kangean
photo by: Franciscus Dondy
Pulau Saobi, pulau pertama yang kami singgahi, terletak di selatan Pulau Kangean. Sebuah dermaga kecil berada Pulau Saobi berada lurus di hadapan kami. Beberapa kapal nelayan kayu terlihat bersandar di dermaga tersebut. Air laut di sekitar dermaga terbilang jernih namun ternyata tidak luput dari sampah, terutama sampah plastik. Sedikit disayangkan penduduk pulau Saobi belum memiliki kesadaran peduli lingkungan laut.

Namun kekecewaan kami terobati setelah kami disuguhi pemandangan menarik yakni udang-udang kecil yang tengah dijemur dibawah terik matahari yang akan digunakan sebagai bahan pembuatan terasi. Pemandu lokal kami mengatakan bahwa kualitas terasi yang diproduksi di Kangean merupakan salah satu yang terbaik sebab dibuat dari bahan-bahan terbaik tanpa campuran.

Keunikan Pulau Saobi terus berlanjut dengan pemandangan rumah-rumah panggung di beberapa bagian Pulau, melihat dari atap rumah yang cenderung pendek, kami mengetahui bahwa rumah tersebut adalah rumah khas Suku Bajo. Tidak hanya itu, singgahnya kami di Saobi ternyata cukup menarik perhatian penduduk setempat, tidak jarang mereka menganggap kami seperti turis dan beberapa dari mereka bahkan sempat menawari kami untuk singgah di rumah mereka. 

Sembari menunggu pemilik kapal membersihkan kapal yang akan membawa kami menjelajahi Kepulauan Kangean, kami berjalan menyusuri pantai di Saobi sekaligus berenang di sekitar perairan pantainya.

[Kangean.Net]
Share

Kangean Network

Post A Comment: