MENU

Pulau Sapangkor Kecil, Kec. Sapeken, Kepulauan Kangean

Pulau Sapangkor Kecil
Singgahnya kami di Pulau Sepangkor Kecil sebenarnya tidak direncanakan, namun karena terjadinya tragedi kecil yakni terbakarnya mesin kapal yang kami tumpangi membuat akhirnya kami perlu untuk bersandar di Pulau tersebut sembari menunggu nahkoda kapal memperbaiki mesin kapalnya.

Seperti halnya di pulau-pulau kecil sebelumnya, Pulau Sepangkor Kecil juga mempunyai hamparan pasir putih cantik yang terbentang di sepanjang pulau. Tumbuhan bakau juga terlihat di salah satu sisi pulau. 
Pulau Sapangkor Kecil, Kec. Sapeken, Kepulauan Kangean
photo by: Danny Nurris
Sebagai pulau yang mempunyai ekosistem hutan bakau maka pasir pantainya juga cenderung agak berlumpur. Di dekat dermaga kecil, terlihat beberapa perahu dayung kayu kecil yang biasa digunakan nelayan untuk memancing ikan-ikan kecil yang akan digunakan sebagai umpan untuk memancing ikan yang lebih besar. Tiba-tiba terlintas ide untuk membeli ikan pada nelayan setempat dan kemudian membakarnya di pantai. Dengan bantuan pemandu lokal, kami membeli ikan-ikan kecil pada nelayan yang baru saja menyandarkan kapalnya.

Meskipun hanya mampu mendapatkan ikan kecil yang biasa digunakan sebagai umpan, namun kami sudah cukup puas. Masing-masing dari kami kemudian mencari ranting kayu kering dan membeli bumbu sederhana dengan kecap, bawang merah dan cabe rawit untuk memasak ikan tersebut.

Kami tersenyum puas, eksplorasi Kepulauan Kangean diakhiri dengan menyantap ikan bakar yang diproses dengan cara yang sangat tradisional. Kelelahan selama dua hari penuh seketika sirna digantikan oleh kepuasan menikmati keindahan bahari salah satu kepulauan di Indonesia.

[Kangean.Net]
Share

Kangean Network

Post A Comment: