MENU

Fakta Menarik Indonesia Sebagai Negara Kepulauan

Seluruh Propinsi di Indonesia Memiliki Pulau
Indonesia menjadi negara kepulauan terbesar, dikaruniakan baginya kekayaan alam yang melimpah, lukisan alam yang indah, dan bentangan pulau-pulau yang begitu mempesona. Jumlah pulau yang ada sekitar 18.000 lebih pulau yang sudah didaftarkan ke PBB, sekitar 6000 tidak berpenghuni menyebar disekitar katulistiwa. Indonesia terdiri dari 5 pulau besar, yaitu: Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Irian Jaya.

Untuk membahasnya satu-persatu tak akan pernah ada habisnya, sebab setiap daerah memiliki khas dan keindahan masing-masing. Namun, untuk mencari hal yang menarik ada baiknya kita melihat fakta-fakta tentang pulau-pulau di Indonesia.

Seluruh Propinsi di Indonesia Memiliki Pulau

Seluruh Propinsi di Indonesia Memiliki Pulau
Seluruh propinsi di Indonesia berbatasan dengan laut, fakta itulah yang kemudian membuktikan bahwa disetiap lepas pantai propinsi setidaknya ada puluhan pulau yang tersebar.

Indonesia Memiliki Pulau Terbanyak

Indonesia Memiliki Pulau Terbanyak
Fakta ini sudah disebutkan tadi bahwa Indonesia memiliki pulau terbanyak. Adapun provinsi yang memiliki pulau terbanyak adalah Provinsi Kepulauan Riau. Provinsi ini memiliki 2.408 pulau, disusul Provinsi Papua Barat dengan 1.917 pulau, Maluku Utara dengan 1.525 pulau, Maluku dengan 1.399, disusul Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan 1.192 pulau.

Terumbu Karang Terluas

Terumbu Karang Terluas
Sebagai negara kepulauan, Indonesia juga memiliki banyak lokasi terumbu karang. Jumlah terumbu karang di perairan Indonesia ada 1.133 lokasi. Sebanyak 504 lokasi terdapat di wilayah Indonesia bagian barat, 308 lokasi di tengah, dan 321 lokasi di timur. Lokasi terumbu karang yang cukup terkenal, antara lain di Pulau Bintan (Riau), Kepulauan Seribu (Jakarta), Karimun Jawa (Jawa Tengah), Pulau Derawan (Kalimantan Timur), Pualu Komodo (Flores), Nusa Penida (Bali), Selat Lembeh (Sulawesi Utara), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Bunaken (Sulawesi Utara), dan lainnya.

Indonesia Memiliki Gugus Pulau Kecil Terluar

Indonesia Memiliki Gugus Pulau Kecil Terluar
Provinsi yang memiliki pulau-pulau kecil terluar paling banyak adalah Provinsi Kepulauan Riau. Di provinsi ini ada 20 pulau kecil terluar. Tetapi dari jumlah itu, ternyata hanya Pulau Subi Kecil yang ada penghuninya; 19 pulau lainnya adalah pulau kosong. Provinsi Maluku memiliki 17 pulau kecil terluar. Dari jumlah itu, 11 pulau sudah ada penduduknya dan 6 pulau lainnya merupakan pulau kosong. Sulawesi Utara memiliki 11 pulau kecil terluar. 7 pulau dihuni dan 11 pulau kosong. Provinsi Papua memiliki 9 pulau kecil terluar. 5 pulau berpenghuni dan 4 pulau lainnya masih kosong.

***
Tentu masih banyak fakta-fakta menarik yang masih belum diungkapkan, jika anda memiliki fakta yang menarik lainnya silahkan kirimkan tulisan anda pada kami melalui pesan facebook atau melalui submit tulisan.

(dari berbagai sumber)[Kangean.Net]
Share

Kangean Network

Post A Comment: